Sejarah Berdirinya Desa / Kalurahan Hargowilis

Sejarah Berdirinya Desa / Kalurahan Hargowilis

Views: 909
0 0

Daftar Isi

Read Time:1 Minute, 8 Second

Sejarah

Hargowilis ꧋ꦲꦂꦒꦺꦴꦮꦶꦭꦶꦱ꧀ merupakan desa/kalurahan yang berada di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, D I Yogyakarta. Berdasarkan maklumat dari Ngarso Dalem Sampeyan Dalem Hingkang Sinuwun Sri Sultan Hamengku Buwono Hingkang Jumeneng Kaping IX soho Hingkang sinuwun Paku Alam ingkang jumeneng kaping VIII Kanthi Maklumat Nomer 7, 14, 15, 16 tahun 1946 utawi tanggal 9 Bakdomulut Djimawal 1877 yang mengatur tentang penggabungan ke dua wilayah antara Kesultanan Ngayogyakarta hadiningrat dan Pakualaman di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada dua wilayah pemerintah terendah saat itu yaitu wilayah Kaluahan Giri Sremo dan Kalurahan Kalibiru diwilayah Kapanewon Kokap.

Wilayah kalurahan Hargowilis

Arti Nama

Setelah adanya otonom dan berlaku penggabungan ke dua kelurahan tersebut antara kalurahan Giri Sermo dan Kalurahan Kalibiru pada tanggal 12 Februari 1947. Sehingga untuk pemberian nama diambilkan dari kedua eks kelurahan tersebut menurut cerita dari kabag Keamanan (Alm Bp Rekso Prajito) dan para sesepuh Hargowilis nama Hargowilis mengandung makna Hargo diambil dari nama Kelurahan Giri Sermo yang diambil depannya dalam bahasa kawi artinya Hargo = Giri = Gunung.


Wilis diambil dari kata Kalibiru diambil belakangnya Biru karena Biru tersebut dalam bahasa kawi tidak ada, yang sejenis biru adalah Hijau sehingga diambil Nama belakang Biru = Hijau = Wilis sehingga terbentuk kata atau Nama Hargowilis yang mengandung arti pegunungan yang hijau arti luasnya walaupun terletak dipegununga namun tetap Ijo royo- royo warganya makmur damai sejahtera tentram aman.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Berikan Komentar